Mataram, Universitas Mataram – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Fakultas Peternakan Universitas Mataram bekerja sama dengaan UP-MBKM IKU Unram menggelar Kontes Memasak Kuliner Khas Nusantara Berbasis Produk Peternakan di Lapangan Volley Fakultas Peternakan Unram pada hari Sabtu (25/11).

Kontes Memasak Kuliner Khas Nusantara Berbasis Produk Peternakan mengusung tema “Kuliner Khas Nusantara Berbasis Produk Peternakan untuk Mewujudkan Patriot Pangan Nasional”.

Ketua DWP Fakultas Peternakan Unram sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Embun Suryani, SE., M. Si., Ph.D. dalam sambutannya menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menggali kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam pengolahan aneka produk peternakan dalam rangka mewujudkan patriot pangan nasional dimana rektor Unram diamanatkan sebagai koordinator patriot pangan nasional Indonesia bagian timur.

Lebih lanjut, ketua DWP Unit Fakultas Peternakan tersebut menjelaskan alasan mengapa kontes memasak fokus pada produk peternakan.

“Kebutuhan protein hewani ini akan meningkat drastis sekitar 70% dari kebutuhan daging saat ini karena peningkatan pendapatan masyarakat, kesadaran kaum milenial terhadap kebutuhan protein hewani juga terus meningkat. sementara itu selera kaum milenial terhadap produk-produk olahan pangan dari produk peternakan saat ini didominasi oleh produk impor seperti restoran ayam cepat saji, milenial kurang menyukai produk olahan lokal. sehingga melalui kontes memasak ini, mahasiswa mampu mengolah produk lokal tersebut agar diterima oleh kaum milenial. Dengan tergalinya kreativitas mahasiswa maka diharapkan dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Unram”, ungkapnya.

Adapun dewan juri dalam kontes memasak kuliner nusantara terdiri dari tiga orang yaitu Chef Achmad djaelani dari Dgolong Banquet and Resto; Chef Dewi Kencana Wati Yomo dari SMKN 4 Mataram; dan Chef Muclis Affandi dari Golden Palace Hotel. kontes memasak ini diikuti oleh 43 kelompok beranggotakan maksimal dua orang yang berasal dari berbagai universitas, yaitu Universitas Mataram, UNU Yogyakarta, STP Mataram, Politeknik Pariwisata Lombok, Universitas Pendidikan Mandalika, Stikes Yarsi Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan Universitas Islam Negeri Mataram.

Dalam perlombaan tersebut Juara 1 mendapat hadiah uang tunai senilai Rp.3.500.00, Juara 2 mendapat Rp. 2.500.000, Juara 3 mendapat Rp. 1.500.000, Juara Favorit mendapat Rp. 1.000.000, dan Juara Harapan mendapat Rp. 500.000.

adapun pemenang dalam kontes memasak kuliner khas nusantara berbasis produk peternakan 2023, Juara 1 diraih oleh kelompok 01 dari STP Mataram; Juara 2 diraih oleh kelompok 22 dari Fakultas Pertanian Universitas Mataram; Juara 3 diraih oleh kelompok 30 dari Poltekpar Lombok.