Mataram, Universitas Mataram – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) menggelar workshop penyusunan basis data yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama LPPM Unram selama 2 (dua) hari sejak tanggal 30 – 31 Oktober 2023 yang lalu.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M. Agr. didampingi oleh Sekretaris LPPM, Prof. Dr. Ir. IGP Muliarta Aryana, MP. Turut hadir pula Koordinator Kerja Sama dan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Dr. Ir. Misbahuddin, ST., MT. IPU.; Koordinator Riset, Prof. Buan Anshari, S.T., M.Sc.(Eng)., Ph.D.; Koordinator Pengabdian, Dr. Faturrahman, M.Si.; Koordinator Data, Mutu dan Sistem Informasi, I Wayan Sudiarta, Ph.D.; Koordinator Konferensi dan HKI, Prof. Drs. Aris Doyan, M.Si., Ph.D.; dan Koordinator KUBINOV, Dr. Didy Ika Supryadi, SE., MM.; serta semua staf LPPM.

Salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan penelitian, di mana setiap dosen wajib melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari tugasnya. Hal tersebut juga berlaku di Unram yang merupakan universitas dengan iklim penelitian dan pengabdian yang cukup tinggi. Cukup banyak skema penelitian dan pengabdian baik penelitian wajib atau penelitian hibah kompetitif Universitas Mataram yang mampu menghasilkan sebuah inovasi.

Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. dalam sambutanya mengatakan, “dengan kemajuan teknologi informasi, dokumentasi dan penyimpanan data hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dapat dilakukan dengan lebih baik, mudah, dan cepat ditelusuri. Oleh karena itu perguruan tinggi perlu mengembangkannya sesuai dengan keunikan dan keragaman bidang ilmu. Basis data ini dapat bermanfaat untuk menentukan arah kebijakan PPM di perguruan tinggi.”

“Selain untuk sharing basis data kepada sesama penggiat LPPM, perencanaan basis data PPM merupakan hal yang perlu ditekuni terus, sehingga basis data PPM dapat diaplikasikan oleh seluruh perguruan tinggi dalam penelitian hingga bisa didiseminasikan ke masyarakat,” imbuh Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu.

Workshop Penyusunan Basis Data LPPM ini bertujuan agar data PPM terarsip dengan rapi dan mudah untuk di akses, merencanakan struktur basis data PPM di perguruan tinggi, mengisi, memelihara, meremajakan dan memanfaatkan basis data yang telah dibuat untuk menentukan arah kebijakan PPM di perguruan tinggi.