Mataram, Universitas Mataram – Unit Pelaksana Teknis Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir Universitas Mataram (UPT BKPK Unram) berkolaborasi dengan Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Pasker Kemnaker RI) dan Indonesia Career Center Network (ICCN) menggelar Kuliah Umum dengan tema “Peluang dan Tantangan Dunia Kerja dalam Era Society 5.0” dalam rangka membekali mahasiswa sebelum masuk dalam dunia kerja. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Dome Unram pada Kamis (2/11).

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, Dr. Sujita, S.T., M.T. Dan turut mengundang Kepala PASKER Kemnaker RI, Muchammad Yusuf serta Presiden ICCN, Teddy Indira Budiawa, S.Psi., MM. sebagai pemateri.

Dr. Sujita menyampaikan pesan penting dalam sambutannya, bahwa di era society 5.0 saat ini, masyarakat dituntut untuk bisa memanfaatkan peluang dari bonus demografi yang dialami Indonesia saat ini.

“Kita dituntut untuk bisa mengembangkan kreativitas, soft skill, dan juga networking. Apalagi dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, hal ini akan menjadi peluang bahkan menjadi tantangan untuk kita ke depan,” ujarnya.

Kuliah umum yang diikuti oleh ratusan mahasiswa ini bertujuan memberikan bekal kepada mahasiswa dalam menghadapi peluang dan tantangan dalam dunia kerja di era Society 5.0. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja.