Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) melaksanakan kegiatan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Internal Tahap I Unram tahun 2023, sebagai langkah penting untuk meninjau Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah dinyatakan lolos pendanaan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Proses penilaian ini berlangsung intens selama satu hari penuh, tepatnya pada hari Minggu (10/9) di Guest House Unram. Dalam PKP2 ini terdapat 54 kelompok mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam mempresentasikan PKM mereka sebagai bentuk pelaporan dan konfirmasi terkait kemajuan dan ketercapaian dalam pelaksanaan PKM mereka.

Tidak hanya sekedar presentasi, PKP2 juga memberikan ruang bagi para peserta untuk menerima umpan balik konstruktif dari tim reviewer Unram yang berpengalaman. Hal ini merupakan kesempatan emas bagi para peserta untuk memperkaya dan mengembangkan PKM mereka sebelum memasuki tahap penilaian yang lebih lanjut, yakni PKP2 Eksternal.

Para pemenang terbaik dari PKP2 ini akan dipersiapkan untuk melanjutkan seleksi pelaksanaan PKM menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023. Dengan demikian, di samping memberikan wadah untuk mengembangkan ide-ide kreatif, Unram juga memberikan dukungan konkrit untuk mengubah ide-ide tersebut menjadi manfaat yang nyata.

Adapun dalam PKM ini terdapat 8 bidang yang terdiri dari Riset Eksakta (RE); Riset Sosial Humaniora (RSH); Pengabdian kepada Masyarakat (PM); Penerapan IPTEK (PI); Karsa Cipta (KC); Karya Inovatif (KI); Kewirausahaan (K); dan Video Gagasan Konstruktif (VGK).