Mataram, Universitas Mataram – Unit Pelayanan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Indikator Kinerja Utama (UP-MBKM IKU) Universitas Mataram (Unram) selenggarakan Unram Merdeka Fair 2023, bertempat di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar pada hari Minggu (3/12). Unram Merdeka Fair 2023 mengusung tema Optimalisasi Merdeka Belajar Melalui Kolaborasi Budaya Nusantara dirangkaikan dengan Festival Budaya Nusantara.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Prof. Akmaluddin, S.T., M.Sc.(Eng), Ph.D. mewakili Rektor Unram dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.

“Apresiasi besar atas terselenggaranya Unram Merdeka Fair 2023 ini. Indonesia yang begitu luas dengan begitu banyak variasi dan keragaman budaya yang dimiliki yang dulu kita hanya tau dari cerita-cerita saja namun saat ini mahasiswa dapat melihat dan merasakan begitu banyak keragaman budaya yang dimiliki oleh negara kita ini melalui program MBKM”, ungkapnya.

Prof. Akmaluddin lebih lanjut menjelaskan bahwa program pemerintah terutama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan yang umunya dikenal sebagai pertukaran pemuda dan pelajar baik di dalam maupun luar negeri memilki beberapa keterbatasan. Program tersebut dulunya memiliki keterbatasan peminat serta keterbatasan kouta yang tersedia sehingga tidak banyak mahasiswa yang bisa mengakses program tersebut. Namun sekarang melalui program MBKM yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) telah membuka kesempatan yang begitu luas kepada mahasiswa untuk bisa belajar, serta menikmati dan melihat berbagai budaya, adat istiadat diluar daerah tempat tinggalnya.

Prof. Akmaluddin dalam sambutannya juga menyampaikan harapan agar 212 mahasiswa yang berasal dari 146 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang mengikuti program MBKM di Unram dapat berbagi cerita dan ilmu yang didapat setelah Program MBKM ini berakhir.

“212 mahasiswa yang berasal dari 146 perguruan tinggi di Indonesia ini telah menikmati kekhasan budaya Nusat tenggara Barat (NTB) dan terkhusus Pulau Lombok dimana Unram berada, telah banyak melihat keseharian orang-orang yang ada di pulau Lombok, melihat budaya yang mungkin berbeda dengan daerah asalnya. Oleh karena itu kami dari Unram berharap saat kembali ke universitas asal, kalian dapat menceritakan dan dapat berbagi pengalaman yang didapat selama mengikuti program MBKM di Unram”, ungkapnya.

Prof. Akmaluddin menyebut bahwa Kegiatan Unram Merdeka Fair 2023 sangat bermanfaat bagi mahasiswa, akan ada sharing session yang akan disampaikan oleh alumni peserta MBKM yang berasal dari Unram yang dulu mengikuti program MBKM diluar NTB sehingga mahasiswa yang belum pernah mengikuti program ini dapat mendengar sendiri bagaimana pengalaman alumni semasa mengikuti program MBKM sehingga acara ini menjadi sangat bermanfaat untuk diikuti.

Diakhir sambutannya Prof. Akmaluddin menjelaskan bahwa acara ini merupakan bentuk apresiasi atas partisipasi mahasiswa dalam kegiatan MBKM dan merupakan kegiatan yang sangat positif untuk dapat terus dilaksanakan. Prof. Akmaluddin lebih lanjut menyampaikan harapan kepada siapapun pemimpin Indonesia kedepannya agar dapat menjaga keberlangsungan program MBKM di masa yang akan datang.

Program MBKM sendiri merupakan program yang dirancang oleh Diktiristek yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja, serta mendorong kemerdekaan untuk membentuk masa depan yang sesuai dengan aspirasi karir yang diinginkan. MBKM sendiri memiliki 9 program yang terdiri dari: Kampus Mengajar; Magang; Studi Independen; Pertukaran Mahasiswa Merdeka; Wirausaha Merdeka; Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA); Praktisi Mengajar; Bangkit by Google, GoTo, and Traveloka;dan Program Kementerian ESDM – Gerilya.

Adapun rangkaian acara dalam Unram Merdeka Fair 2023 terdiri dari: Festival Budaya Nusantara, Sharing Session Alumni MBKM, Pameran Karya, Tarian Daerah, Konser dan Live Music, dan ditutup dengan Malam Penganugerahan .

Sharing Session menghadirkan Alumni MBKM dari Unram yaitu: Rolly Anggara Ari (Program Wirausaha Merdeka); Yusril hayadi (Program Study Independen); Ali Surya (Program PMM: Universitas Muria Kudus); Fitri Cahyani (Program Kampus Mengajar); Putri Anggun Qudratullah (Program Magang); Surni Ahyatul Fitri (Program IISMA: Michigan State University,USA).