Mataram, Universitas Mataram – Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Mataram (Unram) mengadakan kegiatan pertemuan forum Badan Pengelola Usaha dan Badan Pengembangan Bisnis Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tahun 2023 bertemakan “Better Business for Greater Changing”, bertempat di Jayakarta Hotel pada hari Kamis (23/11).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Mataram yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Sukardi, S.Pd., M.Pd., serta dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Akmaluddin, S.T., M.Sc.(Eng), Ph.D., Ketua BPU Unram, Dr. Syamsuhaidi, Ketua BPU Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia, Drs. Agus Syarif, M.B.S., serta para tamu undangan yang dihadiri oleh 21 Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Sukardi menjelaskan saat ini Unram terdapat 34.000 mahasiswa; 72 program studi; 9 fakultas yang terdiri dari S1, S2, dan S3, dosen sebanyak 1.354 orang, dan 94 guru besar.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Sukardi mengatakan bahwa forum BPU ini adalah ajang untuk mengembangkan Entrepreneur University, karena jika telah mengembangkan Entrepreneur University maka kita hanya sedang membangun lingkungan Entrepreneur yang di dalamnya akan banyak mahasiswa yang mempelajari tentang bisnis, sehingga mampu melahirkan lulusan-lulusan yang berdaya saing yang nantinya akan menjadi pencipta kerja bagi masyarakat di sekitarnya.

Prof. Dr. Sukardi berharap kegiatan forum ini dapat memberikan kesempatan untuk bisa saling berbagi pengalaman serta menciptakan ide-ide kreatif dalam kemajuan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

“Kami berfikir ini kesempatan yang baik untuk kita bertemu, untuk kita saling sharing dan mudah-mudahan pertemuan ini berkah dan menghasilkan suatu pemikiran yang kreatif tentunya”, tuturnya.

Ketua panitia forum BPU Unram, Dr. Syamsuhaidi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh peserta dari 21 Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia yang telah hadir saat ini, dalam hal ini yang sudah datang sebanyak 42 orang; 8 orang sudah mendarat di Lombok malam tadi; 8 orang lainnya akan tiba besok pagi.

Dr. Syamsuhaidi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23-25 November 2023. Pada tanggal 24 November peserta akan menghadiri acara Sharing Season. Pada tanggal 25 November peserta akan menghadiri acara Bisnis Matching dan di tutup dengan acara gala dinner dan malam keakraban.

Adapun Ketua Forum BPU Perguruan Tinggi Se-Indonesia, Drs. Agus Syarif, menyampaikan sambutannya mengharapkan agar pertemuan forum ini bisa membawa kebermanfaatan dan semoga BPU tahun ini lebih berkembang dan ada ketentuan tentang kepengurusan, pendirian dan legalitas secara formal.

“Kita berhimpun disini dalam rangka sharing session untuk beberapa kajian, bagaimana upaya kita mengoptimalkan bukan saja asset yang berwujud, tetapi juga asset yang tak berwujud dan justru sebenarnya potensi yang masih belum terangkat besar adalah bagaimana mengoptimalkan asset yang tak berwujud tentang kebendaharaan”, pungkasnya.