Mataram, Universitas Mataram – The Office of International Affairs (OIA) Universitas Mataram dan PT. Sun Cable Indonesia mengadakan Kuliah Umum bertajuk Important Energy Transition Trends for NTB Province (Tren Transisi Energi yang Penting untuk Provinsi NTB) sekaligus penyerahan beasiswa kepada 12 mahasiswa Universitas Mataram (Unram) periode tahun 2023 oleh Presiden Direktur PT. Sun Cable Indonesia, Mr. Tim Anderson bertempat di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram pada hari Senin (20/11).

Rektor Unram, Prof. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., turut hadir dalam Kuliah umum sekaligus penyerahan Beasiswa PT. Sun Cable Indonesia. Dalam sambutannya Rektor Unram mengucapkan terima kasih atas kedatangan PT. Sun Cable Indonesia ke Unram.

Prof Bambang mejelaskan bahwa Mr. Tim Anderson berasal dari Palmerston North, New Zealand, kota yang sama dengan tempat bermukimnya semasa mengenyam pendidikan di New Zealand sehingga langsung merasa kecocokan saat pertama kali bertemu.

Lebih lanjut Prof Bambang menjelaskan bahwa Sun cable adalah sebuah perusaahaan global yang berasal dari Australia yang bergerak dalam bidang energi dan ketenagalistrikan, salah satunya menghasilkan listrik tenaga surya yang direncanakan akan diperjualbelikan ke Singapura melalui kabel bawah laut Australia dan melewati perairan Indonesia salah satunya perairan pulau lombok.

“Walaupun listriknya belum diperjualbelikan ke singapura tetapi beasiswanya akan tetap diberikan kepada mahasiswa Unram. Mereka membantu kita, terutama untuk mahasiswa menyelesaikan skripsi. Mohon dana tersebut digunakan sebaik mungkin yang saya tekankan ke fakultas teknik, terutama untuk fokus skripsi dengan tema renewable energy, penelitian menggunakan panel surya untuk tenaga penggerak pompa yang bisa menyedot air dari kedalaman 20-30 m”, tuturnya.

Harapannya dengan kuliah umum dan pemberian beasiswa ini mahasiswa dapat menghasilkan teknologi yang bermanfaat, tidak hanya bagi perguruan tinggi tetapi juga bagi masyarakat luas.

Prof Bambang juga ingin men-challange mahasiswa maupun dosen untuk berfikir kreatif dan mencarikan solusi-solusi pada setiap masalahnya, melihat apa yang bisa dibantu dengan teknologi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi, sehingga kita bisa membantu nelayan serta petani yang hidup di lahan kering.

“Kami juga mengunjungi tambak udang yang ada di Lombok Timur, kami ingin mendorong penggunaan energi tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan energi penggerak kincir angin dan mesin Nanobubble yang memproduksi gelembung udara yang lebih efektif dalam transfer oksigen dalam air untuk menyuplai kebutuhan oksigen udang”, tuturnya.

“Saya mengharapkan kita bisa menjadi lembaga air yang bisa memberikan kehidupan dan manfaat bagi masyarakat dalam menyongsong Indonesia maju dan terwujudnya Indonesia Emas tahun 2045, tepat 100 tahun Kemerdekaan Indonesia”, tuturnya.

Sementara itu, Mr. Tim Anderson Presiden Direktur PT. Sun Cable Indonesia sekaligus keynote speaker dalam kuliah umum dalam sambutannya menyampaikan alasan mengapa memilih Unram. Unram adalah kampus terkenal seperti Harvart University di kawasan Indonesia Timur dengan lingkungan yang asri dengan mahasiswanya yang memiliki kreativitas yang bagus. Mr. Anderson yakin di tengah diskusi ini ada yang bisa membangun kreativitas tersebut. Oleh karena itu, Sun Cable dan Unram sangat cocok baik dengan pimpinan dan mahasiswa yang cerdas yang punya ekstraksi yang besar.

“Meskipun proyek ini belum jadi, kami ingin menanam bibit dengan harapan bisa menjadi pohon yang tumbuh subur. Kami ingin memberikan semangat kepada mahasiswa agar bisa menyelesaikan skripsi dengan baik, memberikan hal praktis yang berhubungan dengan dunia kerja dan proyek kami kedepannya”, tuturnya.