Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) berkolaborasi dengan PT Pegadaian dalam meresmikan The Gade Creative Lounge (TGCL) pada hari Kamis (14/9) di Gedung Utama FEB Unram Lt.1.

TGLC hasil kolaborasi Unram dengan PT Pegadaian ditujukan untuk memberikan wadah akselerasi potensi bagi seluruh civitas akademika yang ingin mengembangkan kapasitas serta kapabilitasnya dalam mengembangkan kreativitas, produktivitas, inovasi, serta mengeksplorasi potensi para generasi muda.

Lounge yang mengusung konsep coworking space ini didirikan sebagai wadah untuk terciptanya gagasan kreatif dan inovasi cemerlang dari mahasiswa. Adapun fasilitas yang disediakan terdiri dari tempat diskusi outdoor area, ruang diskusi private, ruang presentasi, ruang disabilitas, fasilitas komputer, dan showcase produk UMKM.

Prosesi peresmian TGCL dilakukan dengan penandatanganan digital dan pemotongan pita oleh Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dan Direksi Pegadaian – Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah.

Dalam peresmian itu hadir mewakili Gubernur Provinsi NTB, yakni Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB; turut hadir pula Supriyanto, Pemimpin Wilayah VII Denpasar PT Pegadaian; Rully Yusuf, Kepala Divisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Pegadaian; Nuril Islamiah, Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah XI Semarang PT Pegadaian; Dr. Ihsan Rois, S.T., M.Si., Dekan FEB Unram; serta jajaran dosen dan mahasiswa FEB Unram.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan CSR atau tanggung jawab sosial PT Pegadaian dalam membangun TGCL di FEB Unram. Dengan adanya TGLC, Rektor Unram berharap para mahasiswa dapat menggunakannya secara aktif dalam diskusi-diskusi untuk melahirkan ide-ide kreatif.

“Silakan gunakan lounge ini untuk berbagai aktivitas. Bisa digunakan untuk belajar, training, diskusi, presentasi, dan lain-lain. Banyak hal yang bisa dilakukan di lounge ini,” jelas Rektor Unram.

Eka Pebriansyah selaku Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian turut menyebutkan jika berdirinya TGCL di Unram merupakan pembangunan pertama di wilayah timur Indonesia. Dan ke depannya PT Pegadaian juga berkomitmen untuk melaksanakan pengembangan-pengembangan setelah didirikannya TGCL.

“Kami ingin apa yang kami berikan ini tidak hanya secara fisik semata, pasca kami resmikan tahun ini juga kita akan melakukan kegiatan The Gade Sociopreneurship Challenge. Di mana nanti kita akan mengadakan lomba antarkampus untuk membuat sebuah ide-ide kreatif. Selain itu, ada juga The Gade Preneur, akan ada pembinaan UMKM baik dari kalangan umum maupun kampus. Kita akan bekali, damping, dan bimbing terus.” ujar Eka.

Acara peresmian TGCL juga dirangkaikan dengan Talkshow bertema “Leading the Future: Understanding the Generational Spectrum”. Dan menghadirkan narasumber, yaitu Nuril Islamiah selaku Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah XI Semarang PT Pegadaian dan Saepul Arni Muhsyaf, S.E., M.M., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FEB Unram.