Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) menjadi lokasi pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) seleksi kompetensi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2023. Pelaksanan tes CAT SKD dilaksanakan pada 9-18 November 2023 bertempat di Pusat Teknologi Informasi dan Komputer (Pustik) Unram.

Dra. Sitti Arinah, MM, Analis Madya Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian Negara (BKN) sekaligus Koordinator penyelenggaraan Tes CAT di Unram menyampikan bahwa tim BKN dengan lokasi tugas di Universitas Mataram berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 orang koordinator, 3 orang tim teknis dan 3 orang pengawas, yaitu Dra. Sitti Arinah, mm; Ayunani Mustika, S.psi., M.Si; Mia Kurniati, S.I.Kom.; Erick Ramadhan, S.AB; Muhammad Ridwan, S.H.; Haryadi, S.E.; dan Adilla Setyoningtyas, A.Md.Kb.N;

Dra. Sitti Arinah kemudian menjelaskan bahwa Kemendikbud ingin memaksimalkan dan memakai sarana kampus di seluruh Indonesia, dengan bertujuan untuk mengurangi penggunaan vendor luar sehingga dapat mengurangi biaya. Dra. Sitti Aminah juga menjelaskan bahwa sudah ada kerja sama antara pimpinan pusat dan pimpinan yang ada di Universitas Mataram untuk menunjang pelaksanaan tes CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2023 di Unram.

“Alhamdulillah tidak ada kendala selama proses penyelenggaraan tes berlangsung, semuanya berjalan lancar,” tuturnya.

Untuk memastikan jalannya tes berjalan lancar, BKN sendiri mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh Basarnas, dalam pelaksanaan tes CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2023, BKN juga bekerja sama dengan Universitas Mataram dalam hal ini melalui Kemendikbud melalui pendataan yang menyatakan Universitas Mataram menyediakan sarana dan prasarana untuk tes CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2023.

Terkait dengan jalannya tes CPNS dan PPPK di Universitas Mataram, Dra. Sitti Aminah menyampaikan pujian atas kinerja panitia dari Unram yang sangat cepat tanggap dalam penyelenggaraan tes CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2023.

“Alhamdulillah bagus-bagus, kami sangat senang, sangat cepat tanggap terkait kebutuhan yang diperlukan dalam penyelenggaraan tes tahun ini. kami takut akan terkendala hujan, dan langsung disediakan terop untuk persiapan bila turun hujan, dari sisi peserta juga terpantau aman,” ucapnya.

Dra. Sitti Aminah juga menyampaikan pesannya untuk peserta tes CPNS dan PPPK Formasi Tahun 2023 terutama untuk peserta yang baru mengikuti tes untuk pertama kalinya.

“Kalau pemula begini memang tidak serta merta langsung lolos, ini bisa dijadikan sebagai pengalaman untuk tes tahun berikutnya, karena sudah tau seluk beluk tesnya dan InsyaAllah lebih matang dan bisa lolos,” imbuh Sitti.

Erick Ramadhan, S.AB Analis Kinerja BKN dan selaku salah satu tim teknis menyampaikan pesannya kepada peserta tes CAT SKD agar untuk peserta yang lulus SKD, agar bisa mempersiapkan diri lebih matang untuk tes SKB, dan bagi peserta yang belum berhasil lolos bisa kembali mencoba di kesempatan yang akan datang.

Drs. Tutut Riadi selaku Sekretariat Koordinator Tes CPNS dan PPPK mengatakan penyelenggaraan tes CPNS dan PPPK ini tidak terlepas dari kerja sama tim panitia dari lintas bagian yang terus berusaha semaksimal mungkin dalam memastikan agar pelayanan dari segi sarana dan prasarana tetap nyaman dan aman agar dalam pelaksanaannya berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Alhamdulillah jika respon oleh BKN panitia kami cepat dan tanggap karena kita juga sudah kali kedua, kali pertama itu pada tahun 2022 juga berjalan dengan lancar dalam menyelenggarakan tes CPNS dan PPPK di Pustik Unram ini, dan alhamdulillah secara teknis kita sebagai penyelenggara berjalan sesuai harapan,” ujar Tutut.

Drs. Tutut Riadi juga turut memberikan semangat kepada para peserta tes agar apa yang diharapkan dapat berjalan sesuai harapan dalam melaksanakan tes CPNS dan PPPK tahun 2023 ini.

Adapun peserta tes PPPK yakni, Dermawan mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada panitia terutama dari segi pelayanan sangat sopan, ramah, cepat, dan tanggap. Maupun dari segi lingkungan juga terjamin kebersihannya, sehingga beliau merasa sangat nyaman saat tes di Pustik Unram. Beliau juga memberikan pesan kepada teman-teman peserta tes untuk lebih meningkatkan dan mempersiapkan diri jauh lebih baik sebelum mengikuti ujian karena nantinya akan berdampak pada saat prosesi pelaksanaan tes tersebut yang akan berpengaruh terhadap nilai kita.

Solihin, peserta tes lainnya mengucapkan rasa syukurnya bisa menjawab soal dengan lancar dan memuaskan, sehingga ia berharap untuk bisa lulus tes PPPK tahun ini.