Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) jalin kerja sama dalam meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi bersama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) pada Senin (13/11) di Ruang Rapat Rektor UPNVJ.

Tri Dharma Perguruan Tinggi dianggap sebagai landasan bagi lembaga pendidikan tinggi untuk memberikan kontribusi maksimal kepada pembangunan nasional dan masyarakat. Konsep ini menekankan pentingnya mengintegrasikan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat agar lembaga tersebut dapat menjadi pusat pembelajaran dan inovasi yang holistik serta dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan zaman.

Demi mewujudkan impeletasi Tri Dharma tersebut, Rektor Unram didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik mengunjungi UPNVJ dan secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta kolaborasi lain yang diperlukan.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah strategis guna memperluas kolaborasi di antara kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut. Dengan nota kesepahaman ini, UPNVJ dan Unram berkomitmen untuk saling mendukung dan memajukan standar pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas penelitian, dan ikut andil dalam pengabdian masyarakat.

Rektor UPNVJ, Dr. Anter Venus MA., Comm., menyatakan “Kami sangat senang dapat menjalin kemitraan yang erat dengan Unram. Kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi mahasiswa, staf, dan dosen kedua universitas, memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang berharga. Kami akan selalu siap untuk menindaklanjuti penandatanganan MoU ini agar segera terwujud kerja sama nyata di antara UPNVJ dan Unram,” ujar Rektor UPNVJ.

MoU ini mencakup berbagai bidang kerja sama, termasuk pertukaran mahasiswa, dosen, dan peneliti. Selain itu, tidak menutup kemungkinan untuk kedua universitas bekerja sama dalam penyelenggaraan seminar, konferensi, dan kegiatan akademis lainnya. Kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan akademis yang lebih beragam dan dinamis.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., menambahkan, “Kami yakin bahwa melalui kerja sama ini, kita dapat mencapai pencapaian yang lebih tinggi dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Saat ini kamu juga sedang mengupayakan untuk masuk pada World Class University dan mengoptimalkan kerja sama di dalam negeri menurut saya adalah langkah penting untuk meningkatkan reputasi kita ya, kedua universitas, di tingkat nasional maupun internasional.”

Dengan penandatanganan MoU ini, UPNVJ dan Unram mengukuhkan komitmen mereka untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan kontribusi terhadap dunia penelitian, serta pembangunan bangsa. Kedua belah pihak optimis bahwa kerja sama ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan.