Mataram, Universitas Mataram – Unit Pelaksana Teknis Bimbingan Konseling dan Pembinaan Karir Universitas Mataram (UPT BKPK Unram) bersama Indonesia Cereer Center Network (ICCN) menggelar ICCN Summit 2023 di Universitas Mataram (Unram) pada tanggal 1- 4 November 2023.

ICCN Summit 2023 yang mengusung tema “Optimizing Industrial Partnership in Improving the Employability Rank and Internationalization of Higher Education Graduates” ini dihadiri oleh 147 peserta yang berasal dari 87 universitas dari seluruh Indonesia.

ICCN merupakan jejaring pusat karir perguruan tinggi seluruh Indonesia yang berperan sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui persiapan karier bagi mahasiswa. Jejaring ini menjadi sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi, dan mencari solusi permasalahan dalam pengelolaan dalam peningkatan peran, layanan dan profesionalisme pengelolaan pusat karir yang disesuaikan dengan karakter perguruan tinggi masing-masing.

ICCN Summit sendiri merupakan acara tahunan ICCN, di mana pusat karir berbagi pengetahuan dan pengalaman merupakan agenda penting bagi pusat-pusat karir untuk meningkatkan layanan dan memperkuat lanskap layanan karier di Indonesia. Agenda ICCN Summit 2023 terdiri dari Career Center Officer Program (CCOP), Seminar International, Rapat Organisasi, Konferensi Ilmiah, Partner Gathering, Gala Dinner, dan Wisata Lombok.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si. atau yang biasa disapa Prof. Nana membuka kegiatan ICCN Summit 2023 dalam kegiatan CCOP sebagai agenda pertama dalam rangkaian ICCN Summit 2023 (2/11). Dalam kesempatan tersebut, Prof. Nana memperkenalkan Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai salah satu Top 10 destinasi di dunia, ditambah lagi NTB merupakan salah satu daerah prioritas pembangunan pariwisata Indonesia.

“NTB sangat kaya dengan sumber daya alam yang turut serta menyuplai kebutuhan daerah-daerah lain di Indonesia. Bila kita turun lagi ke bagian downstreetnya, tidak kurang dari 99 teluk yang dapat kita nikmati keindahannya. Bila kita membahas isu-isu dunia, semua hampir ada di NTB, keberagaman wisata dan konservasi bawah laut seperti hiu dan paus semuanya ada di NTB. Hal ini juga didukung oleh sosial diversity yang kuat, di mana NTB ditunjuk menjadi pusat social diversity di Indonesia karena keberagamannya. Pariwisata alam yang didukung oleh pusat budaya merupakan kekuatan yang dimiliki oleh NTB dan kami berharap peserta ICCN Summit 2023 juga dapat menikmati keindahan alam NTB,” ungkap Prof. Nana.

Prof. Nana menerangkan bahwa keindahan alam inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Unram di mana mahasiswa dapat belajar sambil berwisata, contohnya melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Di akhir sambutannya, Prof. Nana menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya acara ini.

“Alhamdulilah sekarang kita bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan 147 peserta dari 87 universitas se-indonesia, untuk itu marilah kita manfaatkan momentum ini untuk bisa meningkatkan IKU 1,” ungkap Prof. Nana.

Wakil Rektor I Unram turut melanjutkan bahwa ada tantangan besar bagi perguruan tinggi, yaitu masih terkendala di IKU 1. “Mungkin ini juga menjadi tantangan besar pula bagi universitas-universitas lain dikarenakan selalu terkendala Tracer Study yang belum bisa dilaksanakan secara optimal. Oleh karena itu kegiatan ICCN Summit 2023 menjadi sangat penting sebagai momentum untuk dapat saling berbagi strategi untuk meningkatkan IKU 1,” pungkasnya.