Mataram, Universitas Mataram – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan kunjungan ke Universitas Mataram (Unram) dalam rangka benchmarking “Pengembangan Karir Tendik (Pustakawan, Pranata Laboratorium Pendidikan dan Programmer)”. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis (31/8) di Ruang Sidang Rektor, Rektorat Unram.

Kunjungan itu dihadiri oleh rombongan UAD yang terdiri dari Kepala Biro SDM, Kepala Bidang Seleksi dan Pengembangan Karir, Kepala Bidang Evaluasi Kinerja, Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Kepala Urusan Seleksi dan Pengelolaan Karir, Kepala Urusan Perfomansi, dan beberapa staff UAD.

Dan disambut baik oleh Rektor Unram, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kepala Biro Bidang Umum dan Keuangan, Kepala UPT. Pustik, Kepala UPT. Perpustakaan, Koordinator dan Sub Koordinator di lingkup Rektorat Unram.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. mengawali sambutannya dengan memperkenalkan profil Unram secara singkat kepada UAD. Ia menyampaikan bahwa Unram saat ini terus meningkatkan SDM baik tenaga kependidikan (tendik) maupun dosennya.

“Kami memang ingin meningkatkan kualifikasi pendidikan tendik maupun dosen. Untuk tendik kami sudah siapkan anggaran bantuan pendidikan dan untuk dosen ada bantuan riset juga di samping bantuan pendidikan,” jelas Prof. Bambang.

Kepada UAD, Rektor Unram memaparkan jika pranata laboratorium Unram diberikan kursus-kursus bahkan dikirim untuk mengikuti kursus, training, dan workshop di luar Unram. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas laboran-laboran di Unram. Prof. Bambang juga menyebutkan rencana ke depannya untuk membentuk Unit Penunjang Akademik, yang mana unit ini akan mengelola laboratorium pendidikan dan laboratorium riset.

Tidak hanya itu, Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu menjelaskan programmer di UPT. Pustik terus ditambah karena UPT. Pustik merupakan salah satu jantung Unram yang sangat krusial sehingga perlu diperhatikan. Dan disampaikan pula Perpustakaan Unram juga ditingkatkan pelayanannya, di mana Perpustakaan Unram saat ini telah berlangganan 11.000 jurnal dan akan terus ditambah, serta jam layanannya dibuka hingga pukul 9 malam.

“Meskipun begitu, kami sedang belajar untuk mengembangkan karir SDM di Unram. Dan kami pun perlu belajar dari UAD agar dapat bersama-sama memajukan dan mengembangkan perguruan tinggi masing-masing,” ungkap Prof. Bambang.

Di samping itu, Dr. Hendro Widodo, S.Pd.I., M.Pd. selaku Kepala Biro SDM UAD menyampaikan bahwa kedatangannya ke Unram didasari dengan sisi pengembangan karir tendik Unram yang cukup baik dan bisa mereka pelajari.

“Kami punya semangat mengembangkan karir tendik. Dan kami harap kita bisa saling sharing dan berdiskusi, terutama mungkin bisa didiskusikan pengembangan dari sisi pustakawan,” ucap Dr. Hendro.

Ke depan, Kepala Biro SDM UAD juga berharap agar Unram berkesempatan untuk mengunjungi UAD di Yogyakarta. Kunjungan benchmarking itu juga dirangkaikan dengan pertukaran plakat antara Unram dengan UAD.