Mataram, Universitas Mataram – Sebanyak 18 atlet terbaik Universitas Mataram (Unram) telah bersiap untuk bertanding dan optimis meraih prestasi pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Tahun 2023 yang berlangsung mulai 13 – 22 November di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pada tahun ini Unram ikut serta dalam POMNAS dengan mengikuti 7 cabang olahraga (cabor), antara lain kempo, taekwondo, karate, pencak silat, renang, dan catur, dari total 16 cabang olahraga yang ada.

Pembukaan POMNAS ini dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Gubernur Kalsel, Forkopimda Kalsel, Staff Ahli Menteri Kemendikbudristek RI Bidang Manajemen Talenta, Ketua BAPOMI Indonesia, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Rektor perguruan tinggi di seluruh Indonesia, Direktur Belmawa RI, dan atlet POMNAS di seluruh Indonesia.

Pada POMNAS kali ini, Kalsel menjadi tuan rumah dengan dukungan dari Universitas Lambung Mangkurat, yang siap menyambut seluruh mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia yang siap berlaga.

“Terdapat total atlet yang berpartisipasi mencapai 2.717 dari 34 provinsi di Indonesia. Dengan dukungan kita bersama, acara ini dapat kita laksanakan. Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh kontingen,” ucap Rektor Universitas Lambung Mangkurat.

Menpora RI, Dito Ariotedjo saat membuka POMNAS XVII juga menyampaikan bahwa olahraga merupakan salah satu medium pendidikan yang mampu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai yang diperlukan dalam kehidupan sebagai calon pemimpin bangsa.

“Prestasi bagi mahasiswa adalah hal penting yang harus tercapai oleh karena mahasiswa memiliki 2 keunggulan, yaitu masa usia keemasan untuk bisa berprestasi optimal dan mahasiwa memiliki daya nalar yang tinggi sehingga mampu memecahkan permasalahan dengan cepat dan akurat,” ungkapnya.

Menpora Dito berharap mahasiswa dapat menggunakan waktu dan kesempatan dalam POMNAS untuk berusaha dengan sekuat tenaga mencetak prestasi.

“Kami Kemenpora RI akan selalu mendukung POMNAS ini dan semoga dalam rangkaian pelaksanaan acara nanti memberikan hasil yang membanggakan khususnya dalam raihan prestasi yang di targetkan oleh para mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat mahasiswa. Selamat menjalankan pekan olahraga mahasiswa ini teruslah menggapai prestasi olahraga, yang diharapkan,” imbuh Menpora Dito.

Acara pembukaan POMNAS XVIII Tahun 2023 resmi dibuka dengan memanah ke layar yang dilakukan oleh Menpora RI didampingi oleh Gubernur Kalsel