Mataram, Universitas Mataram – Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) menjalin kerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang lewat penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), dan penandatanganan Implementation Arrangement (IA) oleh Prodi PPKn FKIP Unram dengan Prodi PPKn FKIP UBP Karawang. Kedua Prodi tersebut juga menggelar kuliah umum bersama yang dilaksanakan pada hari Senin (13/11) di Aula FKIP Unram.

Kuliah umum kali ini mengangkat tema tentang kearifan lokal, di mana pada kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten dari masing-masing kampus, yaitu Dr. Hj. Yuliatin, M.H., Dosen Prodi PPKn FKIP Unram yang membicarakan tentang kearifan lokal SASAMBO dan Fitri Silvia Sofyan, M.Pd. yang merupakan Dosen Prodi PPKn FKIP UBP Karawang, dengan moderator Edy Kurniawansyah, M.Pd. salah satu dosen Prodi PPKn FKIP Unram.

Kuliah umum bersama UBP Karawang ini diikuti oleh lebih dari 150 orang peserta, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari kedua kampus.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan FKIP Unram; para Wakil Dekan FKIP Unram; Ketua dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial; Ketua Prodi PPKn; Sekretaris Prodi; dan para dosen. Dan dari rombongan kampus UBP Karawang hadir Dekan FKIP UBP Karawang; Ketua Prodi PPKn UBP Karawang; para dosen; serta mahasiswa Prodi PPKn UBP Karawang yang berjumlah 70 orang.

Dekan FKIP Unram, Drs. Lalu Zulkifli, Ph.D dalam sambutannya memberikan dukungan dan apresiasi kepada Prodi PPKn yang terus melaksanakan berbagai kegiatan. Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi mahasiswa serta program studi terutama dalam meningkatkan kerja sama tri dharma perguruan tinggi.

“Saya berharap Prodi PPKn tidak hanya sekedar tandatangan kerja sama saja, tetapi saya berharap ada bentuk kegiatan atau program tindak lanjut dari kegiatan yang luar biasa ini. Kami mendorong prodi-prodi lain agar terus berinovasi dalam berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi,” tutur Dekan FKIP Unram.

Sementara itu, Dekan FKIP UBP Karawang, Dr. H. Tarpan Suparman, M.Pd turut menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan yang luar biasa oleh Prodi PPKn FKIP Unram, “kami hadir sebanyak 76 orang terdiri dari 6 dosen dan 70 mahasiswa Prodi PPKn FKIP UBP Karawang dan kami sangat mengapresiasi antusiasme FKIP Unram dalam menyambut kerja sama ini”.

Kemudian, Ketua Prodi PPKn FKIP UBP Karawang, Dr. Yogi menyampaikan rasa bangga dan rasa haru atas penyambutan Prodi PPKn FKIP Unram yang luar biasa, kami merasa terharu dan bangga atas penyambutan yang luar biasa sampai menampilkan tarian SASAMBO yang sangat menarik.

Kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar Prodi PPKn dalam meningkatkan kerja sama dan mutu prodi. Hal ini senada yang disampaikan oleh Kaprodi PPKn FKIP Unram, Dr. Lalu Sumardi, M.Pd dalam keterangannya bahwa kegiatan ini merupakan upaya prodi untuk terus menjalin kerja sama dalam meningkatkan mutu prodi, serta untuk menjawab tuntutan program MBKM yang telah digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemudian tujuan dari Kegiatan kuliah umum tentang Kearifan Lokal SASAMBO dan SUNDA adalah agar mahasiswa dapat mengenal identitas budayanya masing-masing dan tidak terpengaruh oleh perkembangan globalisasi.

Wahyudi, salah satu mahasiswa Prodi PPKn yang merupakan peserta kegiatan menyampaikan rasa senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan ini karena selain mengetahui budaya daerah lain dan juga bisa sharing informasi dan pengalaman dengan mahasiswa kampus lain.

Kemudian hal serupa yang disampaikan oleh Fitri, salah satu mahasiswa dari Prodi PPKn FKIP UBP Karawang, “saya sangat senang bisa ke Unram NTB ini karena orang-orangnya ramah dan baik. Semoga bisa berjumpa kembali”.