Mataram, Universitas Mataram – Sebanyak 5 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (PGSD FKIP Unram) melakukan kegiatan serah terima Asistensi Mengajar di Aula Utama SD Negeri 28 Cakranegara pada Kamis (7/9) pagi.

Asistensi Mengajar yang diinsiasi oleh FKIP Unram ini dilakukan mahasiswa untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam dan di luar kelas melalui pemanfaatan dan pengembangan media informasi teknologi. Program ini dilaksanakan dan dikelola langsung oleh pihak universitas yang merupakan salah satu program memberikan pengalaman kepada mahasiswa di luar kampus terkait dengan pengembangan diri melalui aktivitas di luar perkuliahan.

Serah terima Asisten Mengajar juga menjadi solusi bagi satuan pendidikan dasar, menengah, dan atas agar dapat meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh melalui pemberdayaan mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang ilmu. Melalui program ini mahasiswa yang ada di sekitar area sekolah bisa membantu para guru dan kepala sekolah agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat memenuhi standar isi, proses dan evaluasi yang sudah ditetapkan terutama literasi dan numerasi.

Program ini menjadi bagian meningkatkan Indikator Kerja Utama (IKU) 2 yakni Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus. Program Asistensi Mengajar menjadi salah satu bentuk insisasi yang dilakukan oleh FKIP Unram pilihan dari 8 Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP).

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendorong ketercapaian peningkatan partisipasi mahasiswa melalui Asistensi Mengajar secara mandiri. Sejalan dengan Permendikbud No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti), memberikan hak bagi mahasiswa untuk belajar di luar program studi (prodi) melalui program yang disebut sebagai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Penegasannya juga temaktub pada Pasal 18 menyatakan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan melalui: 1) mengikuti seluruh proses pembelajaran di dalam prodi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar; dan 2) mengikuti proses pembelajaran di dalam prodi untuk memenuhi sebagian massa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar prodi.

Dr. Prayogi Dwina Angga, S.Or., M.Pd. selaku dosen pembimbing menyampaikan bahwa mahasiswa harus memanfaatkan dan mengoptimalkan Asistensi Mengajar dengan sebaik-baiknya mengingat kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa yang memiliki profil lulusan sebagai calon guru sekolah dasar.

“Belajar tidak hanya dilakukan di kampus saja, MBKM memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dari berbagai sumber termasuk di sekolah ini,” tandasnya.

Kepala Sekolah SD Negeri 28 Cakranegara M. Hamdi menyambut dan menerima dengan baik kedatangan mahasiswa dan menyampaikan agar mereka dapat menyerap seluruh ilmu yang mereka butuhkan untuk peningkatan profesionalitas sebagai calon guru sekolah dasar.