Mataram, Universitas Mataram – Program Studi Statistika dan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram (FMIPA Unram) dengan dukungan dari Kedutaan Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor-Leste, menghadirkan sebuah inisiatif pengabdian masyarakat dengan tema “Accelerating Digital Inclusion in West Nusa Tenggara’s Remote Village through Game-based Coding Training and WOMEN in STEM Campaign for Middle School’s Teachers and Students”.

Pengabdian masyarakat ini terdiri dari serangkaian workshop, coding training dan focus group discussion yang berlangsung secara intensif sejak Agustus 2023 hingga Februari 2024 dengan pusat kegiatan di SMP Rahmatullah Al Maarif, Darek, Lombok Tengah.

Tujuan dari inisiatif ini antara lain: meningkatkan literasi digital dengan fokus khusus pada keterampilan pemrograman dasar, meningkatkan kesadaran akan manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terutama dalam pemberdayaan perempuan di bidang Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika (STEM), memperluas pengetahuan generasi muda tentang peluang karier, serta memutus siklus kemiskinan antargenerasi dalam rangka mewujudkan pilar Sustainable Development Goals.

Pengabdian masyarakat ini diprakarsai oleh tim dosen muda dari FMIPA Unram yang terdiri dari Dina Eka Putri, S.Si., M.Si.; Dr. Irwansyah, Salwa S.Pd, M.Sc.; dan Nuzla Afidatur Robbaniyah, S.Si., M.Sc. bersama dengan mahasiswa Program Studi Matematika.

Salah satu rangkaian kegiatan, yaitu workshop untuk mengkampanyekan Girl in STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan pencegahan perkawinan anak telah berlangsung pada Selasa, 31 Oktober 2023 lalu.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh perwakilan dari Kedutaan Besar Kanada, yaitu First Secretary Political and Public Affairs, Stuart Shaw dan Coordinator of Canada Fund for Local Initiatives (CFLI), Kaisa Tokar. Turut serta dalam acara tersebut Dr. Rahadi Wirawan, S.Si., M.Si. selaku Dekan FMIPA, beserta jajarannya.

Program ini telah mendapat sambutan hangat, terutama dari para siswa di SMP Rahmatullah Al Maarif, Darek, Lombok Tengah karena telah memberikan mereka kesempatan dan pengalaman berharga untuk menggali dunia literasi digital serta bidang STEM.