Mataram, Universitas Mataram – Rombongan Universitas Mataran (Unram) mengikuti pembukaan MTQMN ke-17 tahun 2023 pada Sabtu, 4 November 2023 di Universitas Brawijaya, Malang. Acara ini secara resmi dibuka secara daring oleh Prof. Dr. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P., selaku Majelis Wali Amanat Universitas Brawijaya.

Dalam sambutan singkatnya, Prof. Mahfud menekankan pentingnya MTQMN sebagai panduan penyelenggaraan dunia akademik di perguruan tinggi di Indonesia. Ia mencatat bahwa kemajuan sebuah kampus biasanya tercermin dalam dua hal utama, yaitu norma akademik yang ketat dan norma tradisi yang baik.

“Dasar penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi harus mengikuti pasal 31 UUD yang menegaskan bahwa pendidikan didasarkan pada iman, taqwa, dan akhlaq, serta bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saya berharap melalui MTQMN ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai qurani dalam perilaku sehari-hari,” tutur Prof. Mahfud.

Pesan ini sejalan dengan sambutan dari Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D. Med.Sc., yang menyatakan bahwa peserta akan menjadi kader-kader yang akan membawa perubahan tidak hanya di Indonesia tetapi juga dalam peradaban dunia. Mereka akan menggabungkan sains dan teknologi dengan ilmu dan nilai-nilai spiritual Al-Quran dalam tindakan mereka.

Ketua Panitia Pelaksana, Drg. Miftakhul Cahyati, Sp.PM, menyampaikan bahwa MTQMN kali ini diikuti oleh 2.653 peserta dari 213 perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kedikbudristek). Mereka akan bersaing dalam 11 cabang lomba dengan 15 bidang musabaqoh yang mencakup berbagai kegiatan, mulai dari debat dalam bahasa Arab dan Inggris hingga desain aplikasi Al-Quran, Fahmil Quran, Hifdzil Quran dalam 10, 20, dan 30 Juz, Karya Tulis Ilmiah Qurani, Khatil Quran kontemporer, Khatil Quran dekorasi, Maulid Nabi, Qira’ah Sab’ah, Syarhil, Tilawah, dan Tartil.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, Dr. Sujita S.T, M.T, bersama perwakilan kafilah yang mengenakan pakaian adat Sasak dan Bima. Mereka memberikan dukungan penuh kepada kontingen Unram, yang meskipun tidak semuanya bisa hadir dalam acara pembukaan karena harus menjaga kesehatan dan berlatih untuk pertandingan esok harinya.

Namun, kontingen Unram tetap optimis dan siap untuk membawa pulang prestasi. Kontingen Unram pada MTQ kali ini berhasil meloloskan 28 mahasiswa mereka yang akan bertanding dalam 11 cabang lomba mulai dari hari Ahad, tanggal 5 November hingga 8 November 2023 mendatang.