Mataram, Universitas Mataram – Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si membuka kegiatan Workshop finalisasi hasil simulasi dan review LED (Lembar Evaluasi Diri) & DKPS (Data Kuantitatif Program Studi) akreditasi LAMDIK Program Studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mataram (Unram) dalam mempersiapkan dan mengambil langkah dalam percepatan akreditasi, bertempat di Grand Legi Hotel pada hari Selasa (28/11).

Prof. Nana mengatakan bahwa FKIP Unram merupakan fakultas yang mempunyai chemistry yang sangat kuat. Salah satu progress Unram yang luar biasa yang di dampingi oleh UP Akreditasi, yaitu pada tahun 2022 terdapat 3 prodi yang masih unggul. Pada saat ini terdapat 5 prodi yang sudah unggul dari 74 prodi Unram. Unram masih terus berjuang dan akan mencapai minimal 10% dari total prodi di Unram dalam percepatan akreditasinya.

Prof. Nana menjelaskan saat ini dalam rilis terbaru Asia University Rankings (AUR) 2024 Unram termasuk dalam 9 Perguruan Tinggi Terbaik di luar Pulau Jawa. Peringkat ke-15 dari Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia dan peringkat nomor 2 Perguruan Tinggi dari kawasan Indonesia Timur.

Di samping itu, saat ini Rektor Unram sedang konsen untuk menuju World Class University, sehingga akan mengejar dan memperbanyak kelas-kelas Internasional dan memperbanyak mahasiswa asing. Usaha tersebut akan terus ditingkatkan agar dapat terwujudnya World Class University dan akan mendorong akreditasi prodi, setelahnya Unram bisa mengepakkan sayap lebih luas lagi.

Beberapa peta permasalahan yang sudah di petakan oleh UP Akreditasi adalah rasio dosen yang bergelar Guru Besar dan Rektor kepala.

“Semoga di FKIP Unram rasio ini tidak sebesar itu. Mudah-mudahan rasionya sudah cukup sehat antara gelar S3 dan yang bergelar Rektor Kepala dan Guru Besar. Di sisi lain adalah masa studi, hal ini cukup menjadi persoalan besar, semoga FKIP Unram bisa cepat meluluskan banyak mahasiswanya, sehingga masa studi mahasiswa tidak terlalu lama. Hal ini menjadi faktor pembatas dimana akreditasi kita masih terhambat pada persoalan yang saat ini ingin menuju unggul,” tuturnya.

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini berasal dari Universitas Jambi, yakni Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc., selaku Dekan FKIP Universitas Jambi; Delita Sartika, SS., MITS., Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja sama, dan Sistem Informasi FKIP Universitas Jambi; Hidayati, S.Pd., M.Pd., selaku Gugus Penjamin Mutu FKIP Universitas Jambi.

Turut memberikan sambutan Dekan FKIP Unram, Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D., mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah hadir di Unram dan berharap dalam kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

Drs. Lalu Zulkifli memotivasi peserta Workshop untuk bisa melihat informasi-informasi penting dan strategi-strategi yang bisa dilakukan dalam rangka memenuhi pengisian LED & DKPS LAMDIK agar memperoleh skor yang maksimal.

“Saya berharap kegiatan ini bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pada hari ini kita akan fokus pada kegiatan simulasi dan review dokumen Prodi Pendidikan Sosiologi yang selama 3 bulan terakhir kita sudah berjuang bersama dengan UP Akreditasi Fakultas dan Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi dalam pengisiannya secara maksimal, sehingga harapan kita sebagai individu dari masing-masing prodi dan fakultas bisa terpenuhi bersama,” tegasnya.

Dalam sambutannya Ketua UP Akreditasi FKIP Unram, Dr, Dadi Setiadi, M.Sc., menjelaskan tujuan dilaksanakan Workshop ini adalah semua prodi di lingkungan FKIP Unram mampu menyusun LED & mengisi DKPS secara baik sesuai dengan kajian dari LAMDIK. Dalam waktu dekat, tidak hanya dari Prodi Pendidikan Sosiologi yang segera upload tetapi harapannya ke 13 prodi yang lain untuk segera menyiapkan diri untuk upload LED & DKPS.

“Latar belakang diadakannya Workshop selama ini kami bekerja bersama prodi belum merasa yakin terkait LED yang akan kita submit termasuk DKPS. Oleh karena itu kita semua menghadirkan para narasumber dari Universitas Jambi. Mudah-mudahan apa yang nanti di sampaikan bisa menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan terkait bagaimana kita menyusun LED dan DKPS di setiap prodi.

Adapun peserta Workshop terdiri dari, Ketua Prodi di lingkungan FKIP Unram, Sekertaris Prodi, Ketua Akreditasi Prodi, Admin Prodi, GPMF (Gugus Penjamin Mutu Fakultas), dan UP Akreditasi FKIP Unram.