Mataram, Universitas Mataram — Dalam upaya Universitas Mataram (Unram) mencapai status World Class University, Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. membuka pintu kerja sama dengan tiga universitas ternama di Australia. Tiga universitas tersebut adalah Griffith University, University of Queensland, dan University of Sydney.

Kunjungan ini dimulai tanggal 5 Desember 2023 ke Griffith University, dilanjutkan ke University of Queensland pada tanggal 6 Desember, dan berakhir di University of Sydney pada tanggal 8 Desember.

Kunjungan awal Rektor Unram ke Griffith University berjalan sukses, beliau diterima oleh Prof. Paulo de Souza, Dekan (Riset) dari Griffith Sciences. Sementara di University of Queensland, Prof. Bambang bertemu dengan Prof. Mark Turner, Deputy Head of the School of Agriculture and Food Sciences. Sedangkan di University of Sydney, Prof. Bambang menemui Prof. Stephen Cattle, Prof. Alex McBratney, dan Prof. Damien Field dari Faculty of Agriculture, Food and Natural Resources.

Pertemuan tersebut membuahkan hasil positif, dengan kesepakatan untuk menjalin kerja sama yang akan diresmikan melalui Memorandum of Understanding (MoU). Kerja sama ini akan diimplementasikan dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, melibatkan pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bersama antara Unram dan ketiga universitas di Australia tersebut. Langkah ini diharapkan dapat membawa Unram menuju puncak sebagai World Class University.