Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) menghadiri kegiatan World Indonesia Scholarship (WISH) 3.0 Roadshow Kota Mataram bertempat di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar Unram, pada hari Sabtu (25/11). WISH merupakan kegiatan Beasiswa terbesar pertama di Indonesia, yang mempertemukan para scholarship hunter, awardee, komunitas atau organisasi, lembaga penyedia beasiswa hingga pemerintah yang concern di bidang beasiswa dan pendidikan.

Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D mengatakan salah satu upaya untuk mahasiswa dalam mendapatkan kesempatan beasiswa dan studi lanjut adalah dengan menerapkan program di masing-masing unit Unram, yaitu Self-Access Language Learning (SALL) tanpa biaya. SALL merupakan program yang di bentuk untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa dan dosen.

“Inilah yang menjadi cikal bakal mahasiswa untuk bisa mendapatkan beasiswa. Kita bekerja sama dengan lembaga pengelola beasiswa untuk menghubungkan mahasiswa ke tempat lainnya untuk studi lanjut,” tuturnya.

Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo mengharapkan kedepannya kualitas SDM mahasiswa Unram dan masyarakat NTB akan terus naik, sehingga kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa dan studi lanjut itu menjadi lebih tinggi. Unram juga telah mengimplementasikan syarat skor TOEFL 400 bagi mahasiswa S1, 450 untuk S2, dan 500 bagi S3 sebagai syarat kelulusan.

Di samping itu, Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Aryadi, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini jika dibandingkan pada 40 tahun yang lalu saat ingin masuk perguruan tinggi adalah kegiatan yang istimewa, karena belum habis mengenyam pendidikan menengah sudah bisa mendapatkan informasi terkait beasiswa.

“Melalui kesempatan dan kemewahan pendidikan ini, marilah kepada generasi-generasi muda untuk bisa memanfaatkan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Kami dari pemerintah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab menyiapkan fasilitas-fasilitas itu,” ungkapnya.