Mataram, Universitas Mataram – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) untuk pertama kalinya menyelenggarakan penggabungan konferensi, yakni The 1st International Conference on Social Science (ICSS) dan Seminar Nasional Sosial dan Humaniora (Semnas Soshum) pada hari Selasa (14/11) lalu di Golden Palace Hotel, Mataram.

Konferensi gabungan ini mengangkat tema “Inovasi Berbasis Ilmu Sosial dan Humaniora untuk Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Berkelanjutan”. Dan topik yang dibahas adalah tentang Technological Advancement and Sustainable Development: Opportunity and Innovation in Social Science Studies (Kemajuan Teknologi dan Pembangunan Berkelanjutan: Peluang dan Inovasi dalam Studi Ilmu Sosial-red).

Dalam konferensi internasional ICSS yang diketuai oleh Dr. Dewi Satria Elmiana, M.Pd., menghadirkan 5 (lima) orang narasumber yang terdiri dari Prof. Shahram Akbarzadeh (Deakin University, Australia); Prof. Levi Geir Eidhamar (Adger University, Norwegia); Maranowshki Oawel, Ph.D. (Collegium Civitas, Polandia); Prof. Dr. Mohammad Shaharudin Samsurijan (Universiti Sains Malaysia, Malaysia); dan Prof. Mansur Afifi (Universitas Mataram).

“Ini merupakan konferensi pertama yang dilaksanakan di Unram dengan menggabungkan International Conference dan Seminar Nasional. Acara ini dihadiri oleh 225 peserta dari beberapa daerah dan keynote speaker dari 5 negara,” papar Dr. Dewi.

Sedangkan, dalam Semnas Soshum yang diketuai oleh Dr. Lalu Tohir, M.Pd. mengundang 3 (tiga) orang narasumber yakni Theresia Junidar, SPi, M.Ec. (Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes RI); Dhiana Puspitawati, S.H., LLM., Ph.D. (Universitas Brawijaya); dan Prof. Dr. Mahsun, MS. (Universitas Mataram).