Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) melaksanakan Bulan Bakti selama 1 bulan dari tanggal 28 Oktober – 26 November 2023 di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Pelepasan panitia Bulan Bakti FEB Unram dilakukan oleh Dekan FEB Unram pada Jumat (27/10) lalu.

Bulan Bakti FEB Unram ini merupakan program pengabdian terbesar dari organisasi kemahasiswaan FEB Unram yang dikoordinatori oleh BEM FEB Unram. Pada tahun ini, Bulan Bakti FEB Unram mengangkat tema “Ready for Merata: Mengabdi, Berbagi, Menginspirasi melalui Ekonomi, Pendidikan dan Pariwisata”.

Dr. Ihsan Ro’is, M.Si., S.E. selaku Dekan FEB Unram menyampaikan pelaksanaan Bulan Bakti ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dan tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi desa yang ada, sehingga masyarakat Desa Buwun Mas bisa mandiri dan perekonomian masyarakat setempat dapat meningkat.

“Menjadi mahasiswa, tentunya Bulan Bakti ini adalah langkah untuk mencapai Tri Dharma perguruan tinggi sehingga bisa bermanfaat bagi orang lain, karena sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Harapannya dari program-program seperti ini dapat memberi dampak positif dalam membangun desa dan bangsa,” ujar Ihsan Rois.

Melalui kegiatan Bulan Bakti di Desa Buwun Mas pada tahun ini terdapat output kegiatan yang diharapkan, seperti terciptanya produk baru berupa bakso dan sate ikan. Dan atribut pariwista berupa plang dan gapura, sertifikasi halal, pirt, dan BPOM.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Bulan Bakti FEB Unram, yaitu pelatihan UMKM, kelas Bahasa Inggris dan Seni, penataan pariwisata, dan kemah bakti sosial.