Mataram, Universitas Mataram – Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP Unram) mengirim dosen muda Eni Suyantri, S.Si., M.Pd. untuk menjadi peserta Program Dosen Berkegiatan di Industri (DBI) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program tersebut diikuti selama 2 bulan dari bulan September – November 2023.

Program DBI adalah program penugasan dosen bidang ilmu tertentu di suatu perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbudristek untuk melakukan kegiatan sesuai bidang ilmunya di industri yang dipilih dalam jangka waktu tertentu. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi dosen untuk terlibat langsung dalam implentasi disiplin ilmu yang ditekuni dalam dunia industri, meningkatkan pengalaman dosen dalam pemecahan masalah-masalah nyata yang ada di dunia industri sesuai dengan disiplin keilmuannya, meningkatkan kualitas pembelajaran dan bahan ajar mata kuliah tertentu, meningkatkan kompetensi dosen dalam membangun jejaring kerja sama, serta meningkatkan jumlah dan kualitas kemitraan perguruan tinggi dengan industri.

Dunia industri yang dimaksud dalam program ini adalah industri dalam pengertian yang luas, tidak terbatas hanya pada industri manufaktur. Dunia industri yang dipilih untuk berkegiatan adalah Pusat Riset Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional di Jakarta. Pusat Riset Oseanografi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penelitian oseanografi.

Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unram yang memiliki kekhasan Pendidikan Kebaharian sangat tepat untuk memilih Pusat Riset Oseanografi BRIN. Selama pelaksanaan DBI 2023 Eni Suyantri, S.Si., M.Pd. didampingi oleh praktisi dari Pusat Riset Oseanografi BRIN.

“Dalam pelaksanaan DBI ini saya didampingi oleh praktisi dari Pusat Riset Oseanografi, yaitu Bapak Yaya Ihya Ulumuddin, Ph.D. yang memiliki keahlian pada bidang Ekosistem Vegetasi Laut khususnya Ekosistem Mangrove. Luaran yang diharapkan dari Program DBI 2023 kerja sama riset antara dosen peserta dengan praktisi. Praktisi juga diharapkan dapat menjadi guest lecture pada mata kuliah yang sesuai dengan bidang keahlian,” ungkap Eni.

“Pusat Riset Oseanografi memiliki laboratorium standart industri dan sangat lengkap. Di antaranya ada Laboratorium Botani, Laboratorium Zoologi Invertebrata, Laboratorium Vertebrata dan masih banyak lagi yang mana saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan ini sehingga saya dapat belajar banyak hal baru di sini,” tambahnya.

Program DBI yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu melaksanakan kolaborasi kegiatan riset/penelitian di lembaga riset khususnya bagi dosen. Program DBI juga berkontribusi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Unram, yaitu dosen berkegiatan di luar kampus.