Mataram, Universitas Mataram – Meriahkan Dies Natalis ke-17, Himpunan Mahasiswa Perikanan Universitas Mataram (Himapika Unram) gelar Aqualine Festival (Alfa) dengan rangkaian kegiatan Himapika Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) pada Sabtu (18/11) menyongsong tema “Optimalisasi Peran Generasi Z Untuk Mewujudkan Negara Maritim yang Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Kegiatan Alfa merupakan event terbesar Himapika yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Alfa memiliki beberapa rangakaian kegiatan diantaranya Himapika LKTIN yang merupakan event lomba kepenulisan diikuti oleh seluruh mahasiswa se-Indonesia, serta kegiatan Seminar Nasional yang membahas isu-isu dan potensi perikanan sebhagai salah satu fokus kepengurusan Himapika tahun ini.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tahapan awal proses pendaftaran secara online, baik registrasi maupun pengumpulan full paper, dilanutkan dengan proses presentasi finalis secara offline pada Sabtu (17/11) bertepatan di Aula lantai 3 gedung A Fakultas Perikanan UNRAM.

Sehari setelah kegiatan persentasi Himapika LKTIN (18/11), Himapika melaksanakan kegiatan Seminar Nasional yang bertemakan “Optimalisasi Potensi Maritime Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Lalu Wira Hariadi selaku Ketua Himapika 2023 menegaskan bahwa kegiatan tersebut rutin dilaksanakan oleh mahasiswa dengan tujuan meningkatkan soft skill dan jiwa kritis terhadap sumber daya yang ada, khususnya pada bidang maritim, baik dari segi isu hangat ataupun potensi yang harus dikembangkan.

Sementara itu, Dr. Zaenal Abidin, S.Pi., M.Si., selaku Kepala Program Studi Budidaya Perairan sekaligus Pembina Himapika 2023 juga menegaskan bahwa kegiatan sangat direkomendasikan untuk mahasiswa untuk menambah pengalaman dan wawasan dalam bidang kepenulisan maupun tentang kemaritiman.

Kegiatan Himapika 2023 menghadirkan Gubernur NTB Periode 2018-2023, Dr. H. Zulkiflimansyah, SE., M.Sc., sebagai keynote speaker, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Bambang Dipo Kusumo, M.Si., yang memberikan opening speech, serta tiga narasumber yaitu Muslim.,S.T.,M.Si selaku Kadis Perikanan dan Kelautan NTB, H. Johan Rosihan., S.T selaku Anggota DPR RI dan Taufiq Hisbul Haq selaku Direktur Jari Foundation.