Mataram, Universitas Mataram – Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram), Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Rangka Pemahaman Secara Progresif dan Normatif Tentang Pemilihan Legislatif (Pileg) kerja sama antara DPRD Provinsi NTB dengan LPPM Unram. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Holiday Inn Senggigi Lombok Barat pada Jumat (3/11) lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan DPRD NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H.; Wakil Ketua I, Nauvar Furqony Farinduan, S.H., MBA.; Wakil Ketua III, H. Yek Agil Al Haddar; Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr.; Ketua Panitia, Prof. Dr. H. Zainal Asikin, SH., SU.; dan beberapa narasumber dari Akademisi Unram, KPU dan BAWASLU serta 65 Anggota DPRD NTB.

Salah satu tanda negara hukum adalah dengan keberadaan sistem demokrasi yang berlandaskan kedaulatan rakyat. Penerapan sistem demokrasi harus didasarkan pada partisipasi dan kepentingan masyarakat. Negara adalah suatu lembaga kekuasaan yang harus memperhatikan ini. Indonesia adalah negara yang sangat menghargai demokrasi. Di mana fakta ini dibuktikan dengan memberikan kebebasan kepada warganya untuk menyatakan pendapat dan mengawasi pemerintah. Hal ini tercermin dalam pasal 28 UUD 1945.

Kegiatan peningkatan kapasitas Anggota DPRD di dalam UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, disebutkan secara eksplisit bahwa DPRD memiliki 3 fungsi, yaitu: 1. Pembentukan peraturan daerah (popular dengan istilah legislasi), 2. Anggaran, dan 3. Pengawasan.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pendalaman bagi pimpinan dan Anggota DPRD-NTB secara filosofis dan progresif hakikat pemilihan umum legislatif, pemilihan gubernur dan pemilihan presiden yang akan berlangsung secara dinamis. Dan untuk memberikan pendalaman substantif tentang fungsi dan pengawasan pimpinan anggota DPRD NTB secara independen dalam proses Pileg, Pilkada dan Pilpres.

Kepala LPPM Unram, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. menyampaikan. ”Kegiatan Bimtek ini didesain tentu dengan semangat para anggota DPRD untuk senantiasa terus dinamis mengupdate dan menguatkan kapasitasnya dalam menjalankan tupoksi legislatif dalam menghadapi dinamika kehidupan politik dan berdemokrasi yang cukup kompleks di tanah air”.

Lebih lanjut Kepala LPPM menegaskan, “Saya yakin selama 3 hari Bimtek ini akan ada sajian diskusi mendalam dan analisis permasalahan dalam ruang lingkup Demokrasi dan Pemilu yang dipandu oleh para narasumber. Dengan harapan besar semoga Bimtek berjalan lancar dan menghasilkan luaran atau outcome yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kinerja Bapak/Ibu semua”.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini diantaranya Prof. Dr. H. Zainal Asikin, SH., SU.; Prof. Dr. Gatot Dwi Hendro Wibowo, SH., M.Hum.; dan Dr. Lalu Muhammad Hayyanul Haq, SH.,LLM. dengan materi Hakikat Pemilu dalam Negara Hukum yang Demoratis.

Kemudian, Perwakilan KPU dengan Materi Pemilihan Umum yang Progresif Sebuah Tantangan. Dilanjutkan BAWASLU dengan Pengawasan Pemilu dan Peran DPRD dalam Pengawasan.

Akhirnya, harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar seluruh peserta Bimtek dapat mengikuti Bimtek dengan seksama dan mampu mengikuti sesi demi sesi dengan disiplin. Supaya Bimtek kali ini dapat menambah wawasan pengetahuan dan bekal ilmu yang dapat diaplikasikan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai wakil rakyat.