Mataram, Universitas Mataram – Senin-Rabu, 27-29 November 2023. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) melakukan kunjungan kerja sama (benchmarking) dan silaturahmi ke Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tanggal 27-29 November 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk menjajaki kerja sama tentang penguatan publikasi internasional dan penguatan jurnal terindeks scopus.

Dalam kegiatan ini hadir rombongan Unram di antaranya Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. selaku Kepala LPPM didampingi oleh Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, MP. selaku Sekretaris LPPM dan Koordinator Publikasi, Konferensi dan HKI, Prof. Drs. Aris Doyan, M.Si., Ph.D.; serta tiga orang staf pengelola Jurnal di Unram.

Mengawali kegiatan pertemuan ini, Prof. Dr. Ir. Sukartono, M.Agr. menyampaikan bahwa, “tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami praktik terbaik dan strategi yang telah diterapkan oleh Sekolah Pascasarjana UPI dalam pengelolaan Publikasi Internasional dan Penguatan Jurnal Terindeks Scopus dan peluang kerja sama antara Universitas Mataram dan Universitas Pendidikan Indonesia”.

Penguatan Publikasi internasional dan penguatan jurnal terindeks scopus ini merupakan sarana untuk berkomunikasi antarmasyarakat ilmiah dari berbagai negara. Hasil riset dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen dan peneliti Unram akan memberikan manfaat lebih luas setelah dipublikasikan tidak hanya dalam scope nasional. Publikasi internasional terkait hasil-hasil penelitian di Indonesia juga akan memberi dampak lain, yaitu menunjukkan posisi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air.

Direktur Sekolah Pascasarjana UPI, Prof. Dr. H. Syihabuddin, M. Pd, didampingi oleh Wakil Direktur bidang Sumber Daya dan Keuangan, Prof. Dr. Hj. Ratih Huriyati, M.P., CSBA. dan Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr-Eng. Agus Setiawan, M.Si., serta Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah, S.Pd., M.Si selaku Pengelola Publikasi Internasional dan Jurnal Terindeks Scopus, menyambut baik kehadiran tim LPPM Unram dan menekankan pentingnya kolaborasi antarperguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas riset dan publikasi di Indonesia.

Mengingat pentingnya Publikasi perguruan tinggi dalam meningkatkan reputasi dan kredibilitas perguruan tinggi sebagai lembaga Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas output ilmiah perguruan tinggi. Selain itu, publikasi perguruan tinggi juga sebagai indikator untuk mendapatkan akreditasi, peringkat, atau penghargaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Publikasi perguruan tinggi juga dapat memberikan solusi bagi permasalahan sosial, ekonomi, politik, budaya, lingkungan, atau kesehatan.

Prof. Dr. H. Syihabuddin, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Direktur Sekolah Pascasarjana mengajak Universitas Mataram untuk maju dan besar bersama-sama dengan menawarkan berbagai bentuk kerja sama bukan hanya dipublikasi dan jurnal tetapi dalam semua lini berupa penelitian dan pengabdian kolaboratif serta kerja sama bidang pembelajaran”.

Kepala LPPM Unram sebelum mengakhiri kunjungan, meminta kesediaan Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah, S.Pd., M.Si. selaku pengelola Jurnal Scopus Q1 untuk mendampingi Unram dalam merintis jurnal terindeks scopus. Dan Prof. Dr. Ade Gafar Abdullah, S.Pd., M.Si, sangat siap dan bersedia mendampingi Unram bukan hanya untuk Jurnal terindeks scopus, tapi juga dalam penyelenggaran konferensi internasional sehingga bisa publikasi di penerbit terindeks scopus seperti CRC Press, Atlantis Press, IOP Publishing, dan AIP Publishing